Beberapa sebutan lain manifestasi Sang Hyang Widhi di penjuru mata angin adalah Panca Korsika, yaitu:
ERSANYA / TIMUR LAUT
 |
dewa sambhu |
Urip : 6;
Dewa : Sambu;
Sakti : Maha Dewi;
Senjata : Trisula;
Warna : Biru;
Aksara : Wa;
Bhuwana Alit : Ineban;
Tunggangannya : Wilmana;
Bhuta : Pelung;
Tastra : Pa dan Ja;
Sabda : Mang mang;
Wuku : Kulantir, Kuningan, Medangkungan, Kelawu;
Caturwara : Sri;
Sadwara : Urukung;
Saptawara : Sukra;
Astawara : Sri;
Sangawara : Tulus;
Dasawara : Sri;
Dewa Sambhu merupakan penguasa arah timur laut (Ersanya), bersenjata
Trisula, wahananya (kendaraan) Wilmana, shaktinya Dewi Mahadewi, aksara
sucinya "Wa", di Bali beliau dipuja di Pura Besakih terletak di Kabupaten Karangasem
Banten : Dewata-dewati, Sesayut Telik Jati, Tirta Sunia Merta;
Mantra : Ong trisula yantu namo tasme nara yawe namo namah, ersanya desa raksa baya kala raja astra, jayeng satru, Ong kalo byo namah.
PURWA / TIMUR
 |
dewa Iswara |
Urip : 5;
Dewa : Iswara;
Sakti : Uma Dewi;
Senjata : Bajra;
Warna : Putih;
Aksara : Sa (Sadyojata)
Bhuwana Alit : Pepusuh;
Tunggangannya : Gajah;
Bhuta : Jangkitan;
Tastra : A dan Na;
Sabda : Ngong ngong;
Wuku : Taulu, Langkir, Matal, Dukut;
Dwiwara : Menga;
Pancawara : Umanis;
Sadwara : Aryang;
Saptawara : Redite;
Astawara : Indra;
Sangawara : Dangu;
Dasawara : Pandita;
Dewa Iswara merupakan penguasa arah timur (Purwa), bersenjata Bajra,
wahananya (kendaraan) gajah, shaktinya Dewi Uma, aksara sucinya "Sa", di
Bali beliau dipuja di Pura Lempuyang.
Banten : Penyeneng, Sesayut Puja Kerti;
Mantra : Ong bajra yantuname tasme tikna rayawe namo namah purwa
desa, raksana ya kala rajastra sarwa, satya kala byoh namah namo swaha.
GENYA / TENGGARA
 |
dewa mahesora |
Urip : 8;
Dewa : Mahesora;
Sakti : Laksmi Dewa;
Senjata : Dupa;
Warna : Dadu/Merah Muda;
Aksara : Na;
Bhuwana Alit ; Peparu;
Tunggangannya : Macan;
Bhuta : Dadu;
Tastra : Ca dan Ra;
Sabda : Bang bang;
Wuku : Uye, Gumbreg, Medangsia, Watugunung;
Caturwara : Mandala;
Sadwara : Paniron;
Saptawara : Wraspati;
Astawara : Guru;
Sangawara : Jangu;
Dasawara : Raja;
Dewa Maheswara merupakan penguasa arah tenggara (Gneyan), bersenjata
Dupa, wahananya (kendaraan) macan, shaktinya Dewi Lakshmi, aksara
sucinya "Na", di Bali beliau dipuja di Pura Goa Lawah terletak di Kabupaten Klungkung
Banten : Canang, sesayut Sida Karya, Tirta Pemarisuda;
Mantra : Ong dupa yantu namo tasme tiksena nara yawe namo namah,
genian dasa raksa raksa baya kala rajastra, jayeng satru kala byoh namo
namah.
DAKSINA / SELATAN
 |
dewa brahma |
Urip : 9;
Dewa : Brahma;
Sakti: Saraswati Dewi;
Senjata : Gada / Danda;
Warna : Merah;
Aksara : Ba (Bamadewa)
Bhuwana Alit : Hati;
Tunggangannya : Angsa;
Bhuta : Langkir;
Tastra : Ka dan Da;
Sabda : Ang ang;
Wuku : Wariga, Pujut, Menail;
Triwara : Pasah;
Pancawara : Paing;
Sadwara : Was;
Saptawara : Saniscara;
Astawara : Yama;
Sangawara : Gigis;
Dasawara : Desa;
Dewa Brahma merupakan penguasa arah selatan (Daksina), bersenjata Gada,
wahananya (kendaraan) angsa, shaktinya Dewi Saraswati, aksara sucinya
"Ba", di Bali beliau dipuja di Pura Andakasa terletak di Kabupaten Karangasem
Banten : Daksina, Sesayut Candra Geni, Tirta Kamandalu;
Mantra : Ong danda yantu namo tasme tiksena nara yawe namo namah,
daksina desa raksa baya, kala rajastra jayeng satru, Ong kala byoh nama
swaha.
NORITYA / BARAT DAYA
 |
dewa Rudra |
Urip : 3;
Dewa : Rudra;
Sakti : Santani Dewi;
Senjata : Moksala;
Warna : Jingga;
Aksara : Ma;
Bhuwana Alit : Usus;
Tunggangannya : Kebo;
Bhuta : Jingga;
Tastra : Ta Dan Sa;
Sabda : Ngi ngi;
Wuku : Warigadian, Pahang, Prangbakat;
Caturwara : Laba;
Sadwara : Maulu;
Saptawara : Anggara;
Astawara : Ludra;
Sangawara : Nohan;
Dasawara : Manusa
Dewa Rudra merupakan penguasa arah barat daya (Nairiti), bersenjata
Moksala, wahananya (kendaraan) kerbau, shaktinya Dewi Samodhi/Santani,
aksara sucinya "Ma", di Bali beliau dipuja di Pura Uluwatu terletak di Kabupaten Badung
Banten : Dengen dengen, Sesayut Sida Lungguh, Tirta Merta Kala, Tempa pada Usus;
Mantra : Ong moksala yantu namo tasme tiksena nara yawe namo
namah, noritya desanya raksa baya kala rajastra, jayeng satru Ong kala
byoh nama swaha.
PASCIMA / BARAT
 |
dewa Mahadewa |
Urip : 7;
Dewa : Mahadewa;
Sakti : Saci Dewi;
Senjata : Nagapasa;
Warna : Kuning;
Aksara : Ta (Tat Purusa)
Bhuwana Alit : Ungsilan;
Tunggangannya : Naga;
Bhuta : Lembu Kanya;
Tastra : Wa dan La;
Sabda : Ring ring;
Wuku : Sinta, Julungwangi, Krulut, Bala;
Triwara : Kajeng;
Pancawara : Pon;
Sadwara : Tungleh;
Saptawara : Buda;
Astawara : Brahma;
Sangawara : Ogan;
Dasawara : Pati;
Dewa Mahadewa merupakan penguasa arah barat (Pascima), bersenjata
Nagapasa, wahananya (kendaraan) Naga, shaktinya Dewi Sanci, aksara
sucinya "Ta", di Bali beliau dipuja di Pura Batukaru terletak di Kabupaten Tabanan
Banten : Danan, Sesayut tirta merta sari, Tirta Kundalini;
Mantra : Ong Naga pasa yantu namo tasme tiksena nara yawe namo,
pascima desa raksa bala kala rajastra, jayeng satru, Ong kala byoh namo
namah swaha.
WAYABYA / BARAT LAUT
 |
dewa Sangkara |
Urip : 1;
Dewa : Sangkara;
Sakti : Rodri Dewi;
Senjata : Angkus /Duaja;
Warna : Wilis / Hijau;
Aksara : Si;
Bhuwana Alit : Limpa;
Tunggangannya : Singa;
Bhuta : Gadang/Hijau;
Tastra : Ma dan Ga;
Sabda : Eng eng;
Wuku : Landep, Sungsang, Merakih, Ugu;
Ekawara : Luang;
Caturwara : Jaya;
Astawara : Kala;
Sangawara : Erangan;
Dasawara : Raksasa;
Dewa Sangkara merupakan penguasa arah barat laut (Wayabhya), bersenjata
Angkus/Duaja, wahananya (kendaraan) singa, shaktinya Dewi Rodri, aksara
sucinya "Si", di Bali beliau dipuja di Pura Puncak Mangu terletak di Kabupaten Badung
Banten : Caru, Sesayut candi kesuma, Tirta Mahaning;
Mantra : Ong duaja yantu namo tiksena nara yawe namo, waybya desa
raksa baya kala rajastra, jayeng satru, Ong kalo byoh namo namah
swaha.
UTTARA / UTARA
 |
dewa Wisnu |
Urip : 4;
Dewa : Wisnu;
Sakti : Sri Dewi;
Senjata : Cakra;
Warna : Ireng / Hitam;
Aksara : A (Aghora)
Bhuwana Alit : Ampru;
Tunggangannya : Garuda;
Bhuta : Taruna;
Tastra : Ba dan Nga;
Sabda : Ung;
Wuku : Ukir, Dungulan, Tambir, Wayang;
Dwiwara : Pepet;
Triwara : Beteng;
Pancawara : Wage;
Saptawara : Soma;
Astawara : Uma;
Sangawara : Urungan;
Dasawara : Duka;
Dewa Wisnu merupakan penguasa arah utara (Uttara), bersenjata Chakra
Sudarshana, wahananya (kendaraan) Garuda, shaktinya Dewi Sri, aksara
sucinya "A", di Bali beliau dipuja di Pura Ulundanu terletak di Kabupaten Bangli
Banten : Peras, Sesayut ratu agung ring nyali, Tirta Pawitra;
Mantra : Ong cakra yantu namo tasme tiksena ra yawe namo namah
utara desa raksa baya, kala raja astra jayeng satru, Ong kala byoh namo
namah swaha.
MADYA / TENGAH
 |
dewa Siwa |
Urip : 8;
Dewa : Siwa;
Sakti : Uma Dewi (Parwati);
Senjata : Padma;
Warna : Panca Warna brumbun;
Aksara : I (Isana) dan Ya;
Bhuwana Alit : Tumpuking Hati;
Tunggangannya : Lembu;
Bhuta : Tiga Sakti;
Tastra : Ya dan Nya;
Sabda : Ong;
Saptawara : Kliwon;
Sangawara : Dadi;
Dewa Siwa merupakan penguasa arah tengah (Madhya), bersenjata Padma,
wahananya (kendaraan) Lembu Nandini,senjata Padma shaktinya Dewi Durga
(Parwati), aksara sucinya "I" dan "Ya", di Bali beliau dipuja di Pura Besakih terletak di Kabupaten Karangasem
Banten : Suci, Sesayut Darmawika, Tirta Siwa Merta, Sunia Merta, Maha Merta;
Mantra : Ong padma yantu namo tasme tiksena nara yawe namo namah,
madya desa raksa baya, kala rajastra jayeng satru kala byoh namo
swaha.
Hal ini didukung oleh beberapa data tambahan yang diambil dari 2 sumber yaitu
Geguritan Gunatama
Dalam geguritan Gunatama diceritakan bahwa I Guna Tama pergi kepada
pamannya Ki Dukuh untuk meminta ilmu pengetahuan di Gunung Kusuma . Hal
pertama yang oleh Ki Dukuh perintahkan kepada I Gunatama adalah agar ia
belajar berkonsentrasi melalui pemahaman terhadap warna bunga. Hal itu
dapat dilihat pada geguritan berikut :
Bunga petak maring purwa,
kembang jingga gnewan sami,
sekar abang ring daksina,
ring pascima kembang jenar, mapupul maring wayabia,
Bunga ireng ring utara,
ersania birune sami,
mancawarnane ring madia,
punika tandur ring kayun, apang urip dadi mekar,
to uningin, patute anggon padapa.
Geguritan tersebut berarti :
“ Bunga putih ditimur, bunga jingga gnewan semua, bunga merah di
selatan, yang di barat bunga kuning, berkumpul di barat laut. Bunga
hitam di utara, timur laut semuanya biru, panca warna di tengah, itulah
ditanam di hati, supaya hidup berkembang, ketahuilah itu, kebenaran
dipakai selimut “
Kidung Aji Kembang
yang dilagukan dalam upacara Ngaben ( Ngereka )
Ring purwa tunjunge putih,
Hyang Iswara Dewatannya.
Ring papusuh prehania,
alinggih sira kalihan,
panteste
kembange petak.
Ri tembe lamun numadi suka sugih
tur rahayu dana punya stiti bakti
Ring geneyan tunjunge dadu,
Mahesora Dewatannya
Ring peparu prenahira.
Alinggih sira kalihan,
Pantesta
kembange dadu,
Ri tembe lamun dumadi
widagda sire ring niti, subageng sireng bhuwana
Ring daksina tunjunge merah,
Sang Hyang Brahma Dewatannya
Ring hati prenahira.
Alinggih sira kalihan
Pantesta kemabang merah.
Ring tembe lamun dumadi
Sampurna tur dirga yusa. Pradnyan maring tatwa aji
Ring Nriti tunjunge jingga.
Sang Hyang Rudra Dewatannya
Ring usus prenahira,
Alinggih sira kalihan.
Pantes
te kembange jingga,
Ring tembe lamun numadi,
Dharma sira tur susiila. Jana nuraga ring bhumi
Ring Pascima tunjunge jenar,
Mahadewa Dewatannya
Ring ungsilan prenahira,
Alinggih sire kalihan,
Pantesta
kemabnge jenar,
Ring tembe lamun dumadi,
Tur Sira Cura ring rana, prajurit, watek angaji
Ring wayabya tunjunge wilis,
Hyang Sangkara Dewatannya
Ring lima pranahira,
alinggih sira kalihan.
Pantesta
kembang wilis.
Ring tembe lamun dumadi, Teleb
tapa brata, gorawa satya ring bhudi
Ring utara tunjunge ireng.
Sang Hyang Wisnu Dewatannya
Ring ampu prenahira,
Alinggih sira kalihan.
Panteste kembange ireng,
Ring tembe lamun numadi,
Suudira suci laksana, surupa lan sadu jati
Ring airsanya tunjunge biru .
Sang Hyang Sambu Dewatannya
Ring ineban prenahira,
Alinggih sira kalihan.
Panteste kembange biru ,
Ring tembe lamun numadi,
Pari purna santa Dharma, sidha sidhi sihing warga
Tengah tunjunge mancawarna,
Sang Hyang Ciwa Dewatannya
Tumpukung hati prenahira,
Alinggih sira kalihan.
Panteste kembange mancawarna ,
Ring tembe lamun numadi,
Geng prabhawa sulaksana, satya bratha tapa samadi
Bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, arti dari masing-masing
geguritan di atas sama dengan diskripsi warna dalam Dewata Nawa Sanga,
tambahan yang diberikan adalah adanya akibat dari penggunaan tunjung
(teratai) dengan sembilan warna tersebut adalah sebagai berikut :
- penggunaan tunjung warna putih akan menyebabkan kelahiran berikutnya
(reinkarnasi) menjadi manusia yang kaya raya, dermawan dan
sejahtera
- penggunaan tunjung warna dadu akan menyebabkan kelahiran berikutnya
(reinkarnasi) menjadi manusia yang kaya raya, dermawan dan
sejahtera
- penggunaan tunjung warna merah akan menyebabkan kelahiran berikutnya
(reinkarnasi) menjadi manusia yang kaya raya, dermawan dan
sejahtera
- penggunaan tunjung warna biru akan menyebabkan kelahiran
berikutnya (reinkarnasi) menjadi manusia yang sempurna ,
dan pintar (berilmu pengetahuan)
- penggunaan tunjung warna jingga akan menyebabkan kelahiran
berikutnya (reinkarnasi) menjadi manusia yang sabar serta
menjalankan Dharma, susila,
- penggunaan tunjung warna hijau akan menyebabkan kelahiran
berikutnya (reinkarnasi) menjadi manusia yangberani
bertarung di medan laga, sebagai prajuurit sejati dengan watak yang
sangat baik ( berpendidikan )
- penggunaan tunjung warna kuning akan menyebabkan kelahiran
berikutnya (reinkarnasi) menjadi manusia yang tekun
mengerjakan tapa , brata, dan mempunyai budi yang luhur
- penggunaan tunjung warna hitam akan menyebabkan kelahiran berikutnya
(reinkarnasi) menjadi manusia yang berkelakuan baik, suci
laksananya, tampan dan dan senantiasa menimbulkan kedamaian
- penggunaan tunjung panca warna akan menyebabkan kelahiran berikutnya
(reinkarnasi) menjadi manusia yang keseluruhan hidupnya
diliputi oleh kebaikan, disayangi oleh setiap orang
Disamping hal tersebut di atas dapat dikatakan bahwa dari 8 warna dasar
yang diberikan oleh Berlin dan Kay, dalam Agama Hindu terutama dalam
Dewata Nawa Sanga terdiri dari dari empat warna dasar yaitu : merah,
putih, kuning, dan hitam. Hal ini disebabkan karena warna hijau yang
berada di barat laut ( barat dan utara ) merupakan perpaduan antara
kuning dan hitam ; warna dadu yang berada di tenggara ( timur
dan selata ) merupakan perpaduan antara putih dengan merah ; warna
jingga yang berada di barat daya ( barat dan selatan ) merupakan
perpaduan antara merah dengan kuning.
Fungsi dan Makna Warna dalam Dewata Nawa Sanga
Berdasarkan simbol simbol yang ada dalam Dewata Nawa Sanga, maka fuungsi
dan makna warna dalam Dewata Nawa Sanga dalam Agama Hindu dapat
dianalisis seperti dibawah ini :
- Makna warna hitam yang berada disebelah utara dengan Dewa
Wisnu menurut budaya hindu berarti gunung, dengan fungsi sebagai
pemelihara. Menurut makna MSA berarti arang, gelap, sedangkan makna
universal memiliki makna : heightĂ greatness, massĂ generousity, source
of living, gelap, ketakutan, sial, kematian, penguburan, penghancuran,
berkabung, anarkisma, kesedihan, suram, gawat (kesan buruk) dan (kesan
baik) berarti : kesalehan, kealiman, kemurnian, kesucian, kesderhanaan
India ; pemelihara kehidupan, limitless, immortal
- Makna warna Merah yang berada di Selatan dengan Dewa Brahma
dengan pusaka Gada dan tanda api memiliki makna budaya laut, pencipta
dan kekuatan, sedangkan menurut MSA berarti api dan darah. Makna
universal yang terkandung dalam warna merah adalah : sumber dari segala
sumber, berani, cinta , emosi , darah (rudhira), kehidupan, kebesaran,
emosi, kemegahan, murah hati, cantik, hangat, berani, api, panas,
bahaya, cinta (manusia Ă Ă Tuhan), perang, sumber panas, benih dari
kehidupan
- Makna warna Putih dengan Dewa Iswara yang bersenjata
Bajra, berada di sebelah Timur, dan dengan tanda jantung mempunyai
makna matahari, pelebur, dan sumber kebangkitan. Makna putih dari MSA
berarti terang, salju, dan susu dan makna universal berarti
penerangan, pahlawan , sorga, kebangkitan, centre of human body, cinta,
kesetiaan, penyerahan diri, absolut, suci, murni, lugu, tidak berdosa,
perawan, simbol persahabatan, damai, jujur, kebenaran, bijaksana, alat
untuk mencapai surga, kekeuatan angin
- Makna warna Kuning disebelah Barat dengan Dewa Mahadewa
dengan senjata Nagasapah dan tanda lingkungan kabut memiliki makna
budaya matahari terbenam, penjaga keseimbangan dan kekuasaan, sedangkan
MSA berarti matahari. Makna universal dari warna kuning adalah end of
journey, passive, (bad image) ; cemburu, iri, dengki, dendam,bohong,
penakut, (good image) ; cahaya, kemuliaan, keagungan, kesucian, murah
hati, bijaksana, penyatuan unsur udara + air dan tanah Ă evolutive
process:
- Makna warna Hijau yang berada di sebelah barat laut dengan
Dewa Sangkara dan senjata angkus, dengan tanda lingkungan mendung
memiliki makna budaya penyatuan matahari terbenam & laut,
keseimbangan, kesempurnaan dalam MSA berarti tumbuh-tumbuhan, dan
secara universal memiliki makna akhir dari segalanya, tumbuhan,
kehidupan, kesuburan, vitalitas, muda, kelahiran kembali, harapan,
kebebasan, dan simbol : kesuburan, kurir (messenger ), prophet
- Makna warna Biru yang dalam Dewata Nawa Sanga berada di
Timur Laut dengan Dewa Sambu bersenjata Trisula, dengan tanda lingkungan
awan tebal memiliki makna budaya penyatuan matahari & laut,
keseimbangan alam, penyatuan kebang-kitan, pemeliharaan dan pemusnahan ;
kebebasan rohani. Dalam MSA biru berarti laut, langit, sedangkan makna
universalnya adalah sumber dari segala sumber, senser, assosiated with
the idea of birth and rebirth, sorga, langit, bangsawan, melankolis,
jujur, cinta, setia, kebenaran, distincttion, excellence, kesedihan, dan
makna asosiasi : hujan, banjir, kesedihan
- Makna warna Dadu yang dalam Dewata Nawa Sanga berada
disebelah tenggara dengan dewa Mahesora bersenjata dupa dan tanda
lingkungan rambu (awan tipis) memiliki makna budaya penyatuan antara
gunung dan matahari, keseimbangan alam, pembunuh indria. Menurut MSA,
warna dadu memiliki makna yang sama dengan makna asali dari warna putih
dan merah. Makna universalnya adalah : kebangkitan, kesadaran,
kesadaran, kehidupan, halus, anggun, megah, persahabatan, kedamaian,
emosional, dan dingin
- Makna warna Jingga dengan Dewa Rudra bersenjata Moksala
yang berada di sebelah Barat Daya dengan tanda lingkungan halilintar,
memiliki makna budaya penyatuan matahari terbenam dan gunung, pembasmi,
kedahsyatan, sumber kemurkaan. Sedangkan makna Jingga menurut MSA
merupkan makna yang terkandung dalam warna merah dan kuning. Makna
Universal warna kuning adalah darah, the concept of circulation,
kematian, bahaya, kehidupan, hangat, dendam, murka, pengorbanan,
penyerahan diri, active force, supreme creative power, illumination,
penyerahan, dan pengorbanan.
- Makna warna Brumbun yang merupakan campuran warna putih +
kuning + hitam + merah yang berada di tengah dengan Dewa Ciwa bersenjata
Padma dan tanda lingkungan topan memiliki makna budaya pusat, pemusnah
dan dasar dari semua unsur, kesucian. Makna warna ini menurut MSA
adalah makna asali dari warna putih, kuning, hitam dan merah, sedangkan
makna universalnya adalah : moving from : multiplicityĂ unity, space Ă
spacelessness, time Ă timelessness, a mean toward contemplation and
concentration, kesucian, victory, denote the interco-munication between
inferior and the supreme, 5 = health, love , controller, violent,
evil power