Tuesday, February 8, 2011

Danau Beratan


Danau Beratan adalah danau terbesar di Bali. Danau ini berjajar dengan dua danau lainnya yaitu Tamblingan dan Buyan yang merupakan gugusan danau kembar di dalam sebuah kaldera besar. Tempat terbaik untuk menikmati keindahan danau ini adalah kawasan Bedugul yang terletak di desa Candikuning, Kabupaten Tabanan. Kawasan ini merupakan perbatasan antara kabupaten Tabanan dan kabupaten Buleleng.

Bedugul berada sekitar 50 kilometer dari Denpasar. Letaknya berada tak jauh dari jalan provinsi yang menghubungkan kota Denpasar dengan kota Singaraja, ibukota kabupaten Buleleng, sehingga sangat mudah dijangkau dengan kendaraan apa pun. Dari Kuta, kamu membutuhkan waktu sekitar dua jam untuk sampai ke kawasan wisata yang memiliki suhu rata-rata 18-22 derajat celcius di siang hari, dan 10-16 derajat celcius di malam hari.

Dari Bedugul, pemandangan alam danau Beratan tampak sangat indah. Hamparan danau tersebut membuat mata menjadi sejuk dan nyaman. Di sisi sebelah barat, agak menjorok ke tengah danau terdapat sebuah pura dengan meru menjulang anggun. Namanya pura Ulun Danu, dibangun sekitar abad XVI. Pura ini merupakan tempat pemujaan Dewi Danu atau Dewi Sri sebagai dewi kemakmuran. Inilah salah satu ikon Bali selain pura Besakih, Tanah Lot, Barong, Legong dan Kecak. Jutaan fotonya telah bertebaran di halaman-halaman koran, majalah, buku dan postcard.

Di sepanjang jalan menuju pura, kamu mendapat suguhan pemangdangan indah dari sebuah hamparan taman yang asri dengan bunga-bunga beraneka ragam. Lalu, setelah melewati jalan setapak, kamu akan tiba di depan gapura besar Pura Ulundanu. Sebelum masuk, tengoklah ke arah kiri, kamu akan menjumpai sebuah candi unik. Itulah candi Buddha yang sampai saat ini masih digunakan sebagai sarana persembahyangan oleh umatnya.

Setelah menikmati keindahan pura Ulundanu, kamu bisa menikmati keindahan danau lebih intens lagi. Caranya dengan berkeliling danau menggunakan perahu. Bisa dengan perahu dayung, bisa juga dengan perahu motor. Dengan tarif sewa sebesar Rp 50 ribu per perahu, atau dengan perahu motor dengan tarif Rp 25 ribu per 20 menit, kamu dapat menyaksikan keindahan alam Bali di tepian danau Beratan. Tapi, keindahan itu tidak akan dapat kamu lihat jika kamu datang pada musim penghujan, apalagi jika baru tiba di danau ini pukul empat sore. Pada saat itu biasanya kabut turun menyaputi seluruh danau. Kalau mau memancing, kamu bisa masuk ke areal pemancingan dengan membayar hanya Rp 5 ribu sepuasnya.

Di areal itu ada pula pelukis wajah atau potret diri yang bisa melukis wajah kamu hanya dalam waktu 15 menit. Ongkosnya, hanya Rp 10 ribu per lukisan. Cobalah, dan bersiaplah wajahmu di dalam lukisan akan jauh lebih keren dari aslinya :P

Tiket
Rp 7.500 per orang

(Mau Ke Bedugul....?Tranportasi 500rb/hari.Hub +6281338541173)

No comments:

MotorCities.com > Automotive News

Klik to Info :

There was an error in this gadget