Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.
Free Website Hosting

Friday, August 28, 2009

Tari Janger


Kapankah tari Janger diciptakan? Siapakah penciptanya? Pertanyaan ini bisa diteruskan untuk seni tari lainnya, dan kita tak akan mendapatkan jawaban yang memuaskan.

Janger barangkali lebih muda dibandingkan Cak. Tetapi, saya tak tahu persis, belum pernah menemukan buku tentang sejarah Janger. Kalau drama tari Gambuh, sudah terbit buku dengan editor Maria Cristina Formaggia. Ini buku tentang Gambuh yang paling lengkap. Gambuh diperkirakan sudah ada pada abad XIV dan terus mengalami evolusi sampai abad XVII. Bentuk tarinya kemudian mengalami ”balinisasi” di abad XIX sampai abad XX. Lalu, ini yang menyedihkan, Gambuh nyaris mati di abad XXI ini.

Bagaimana dengan Janger? Janger Kedaton berusia 100 tahun. Itu berarti Janger sudah berusia seabad lebih, dan kita tidak tahu apakah usia sejatinya dua abad atau tiga abad. Belum ada penelitian ke arah itu, termasuk bagaimana evolusi Janger dari abad ke abad. Bahwa di Banjar Kedaton telah ada Janger sejak tahun 1906 dan terus dipelihara dari waktu ke waktu tentu merupakan prestasi tersendiri. Lestarinya kesenian di sebuah desa di Bali umumnya dikaitkan dengan hal-hal mistis. Janger Kedaton pun demikian. Masyarakat boleh beralih profesi, tetapi kesenian tetap dipertahankan karena dipayungi oleh hal-hal mistis dan sakral. Perjalanan Janger ini menjadi sisi menarik yang layak didokumentasikan.

Seni tari Janger mengalami banyak perubahan dari waktu ke waktu. Ini disebabkan pola dasar tari Janger adalah adanya dua kelompok yang bertembang saling bersautan. Di daerah-daerah lain Nusantara, jenis kesenian yang bertembang bersautan juga ada, baik berupa kidung tradisional maupun berpantun. Dan, kesenian seperti itu mengalami perubahan yang sama dengan Janger, yakni masuknya unsur-unsur aktual tentang situasi dan kondisi masyarakat pada zamannya.

Janger yang ”tradisional”, meski belum ada penelitian tentang itu, bercerita tentang kelompok muda-mudi yang lagi dimabuk asmara, yang sangat populer di Bali yang dilakukan oleh sekitar 10 pasang muda-mudi. Selama tarian berlangsung kelompok penari wanita (Janger) dan kelompok penari pria (Kecak) menari dan bernyanyi bersahut-sahutan tentang kisah-kisah asmara, dari cara berkenalan, menanyakan identitas, dan menjurus ke rayuan. Semuanya dilakukan dengan riang gembira. Mungkin keriangan itu ciri khas Janger yang tidak mengalami perubahan.. Pada umumnya lagu-lagunya bersifat gembira sesuai dengan alam kehidupan mereka. Gamelan yang biasa dipakai mengiringi tari Janger disebut Batel (Tetamburan) yang dilengkapi dengan sepasang gender wayang. Munculnya Janger di Bali diduga sekitar abad ke XX, merupakan perkembangan dari tari sanghyang. Jika kecak merupakan perkembangan dari paduan suara pria, sedangkan jangernya merupakan perkembangan dari paduan suara wanita.

Lakon yang dibawakan dalam Janger antara lain: Arjuna Wiwaha, Sunda Upasunda dan lain sebagainya. Tari Janger dapat dijumpai hampir di seluruh daerah Bali, masing-masing daerah mempunyai variasi tersendiri sesuai dengan selera masyarakat setempat.

* Di daerah Tabanan tari Janger biasa dilengkapi dengan penampilan peran Dag (seorang berpakaian seperti jenderal tentara Belanda dengan gerak-gerak improvisasi yang kadang-kadang memberi komando kepada penari Janger maupun Kecak).
* Di desa Metra (Bangli) terdapat tari Janger yang pada akhir pertunjukannya para penarinya selalu kerauhan
* Di desa Sibang (Badung) terdapat tari Janger yang diiringi dengan Gamelan Gong Kebyar yang oleh masyarakat setempat menamakannya Janger Gong.

Pada dasawarsa 1960-an, terutama menjelang tahun 1965, Janger di Bali diracuni masalah politik yang mencerminkan adanya pertentangan di tengah-tengah masyarakat. Ada Janger PKI dan ada Janger PNI dan mereka saling sindir. Pakaian penari pun, terutama kelompok pria, mengalami perubahan sesuai dengan situasi saat itu. Janger kelompok pria memakai celana dan sering di tangannya ada pedang. Jadi, gerak tarinya adalah kombinasi dari gerakan silat. Mereka berteriak dengan cara koor: ”Marhaen menang, Pancasila jaya”, itu bagi Janger PNI. Sedangkan janger PKI bernyanyi koor: ”Sama rata, sama rasa, sosialisme ala Indonesia.” Banyak lagi jargon-jargon khas zaman itu, yang saat ini menjadi sesuatu yang menggelikan untuk dikenang.

”Janger politik” itu tidak lagi bercerita tentang kisah asmara, tetapi ”kisah keluarga”, melalui tembang-tembangnya. Misalnya, Janger kelompok pria bertembang tentang kepergiannya memperjuangkan nasib rakyat, kalau dia meninggal, jangan cari suami yang berlainan partai. Kelompok Janger wanita menjawab dengan tegas, bahwa ia akan melanjutkan perjuangan.

Tetapi tidak semua sekaa Janger terlibat dalam ”politik praktis”. Ada yang netral, namun cara berpakaian dan isi tembang mengikuti perkembangan saat itu. Misalnya, Janger kelompok pria bernyanyi tentang kepergiannya menjadi sukarelawan. Koor yang dikumandangkan selalu diakhiri dengan jargon: ”Ganyang Malaysia”. Janger kelompok wanita bertembang tentang cinta kasih sambil menyiapkan bekal untuk ”mengganyang Malaysia”.

Setelah meletusnya G-30-S/PKI, lama kesenian Janger menghilang. Masyarakat Bali trauma dengan Janger, seolah-olah kesenian itu adalah simbol dari ‘’sisi gelap” Bali, betapa mudahnya orang Bali diadu-domba dan saling membunuh sesamanya. Janger baru muncul kembali di masa Orde Baru. Dan lagi-lagi Janger menjadi corong politik, kali ini ”politik pembangunan”. Maka ada Janger tentang Keluarga Berencana. Meski kisah-kisah asmara masih ada, tetapi itu hanya sebagai pembuka sebelum masuk ke kisah intinya yaitu propaganda pemerintah tentang keberhasilannya. Orang tentu masih ingat, Gubernur Bali Ida Bagus Oka hampir setiap HUT Pemda Bali mengajak stafnya menari Janger.
Sekaa Janger yang kini masih aktif antara lain Janger Kedaton (Denpasar) dan Janger Singapadu (Gianyar).

Sejarah Janger semestinya diteliti lebih jauh. Kalaupun tak bisa menyeluruh, dimulai dari sejarah Janger lokal. Bagaimana perjalanan Janger Kedaton yang berusia 100 tahun itu, bagaimana perjalanan Janger Peliatan yang termasyur itu. Lagu bagaimana dengan kisah-kisah ”janger politik” yang banyak muncul di Jembrana dan Tabanan di masa lalu. Apa kita harus menunggu penulis asing, seperti halnya tentang Gambuh, untuk membukukan riwayat Janger?

Monday, August 24, 2009

Pura Sila Yukti





















Pura Sila Yukti merupakan pura sungsungan jagat.Dari berbagai penjuru
umat Hindu selalu datang untuk menghaturkan sesajen,Ciri
umat Hindu bakti terhadap Ida Sangyang Widhi Wasa.
Pura Sila Yukti terdapat di bagian timur pulau Bali.
Yang berdekatan dengan pelabuhan Padangbai.
Panorama alam di sekeliling Pura sangat menawan,karena itu
banyak juga wisatawan dari berbagai manca negara datang untuk menyaksikan
panorama alam disekitar Pura.Panorama alam yang dikelilingi laut dan pegunungan.

Info : gusseka82@yahoo.com
Gambar Lain : klik here

Puncak Gunung Batu Karu




















Gunung Batu karu merupakan salah satu gunung yang ada di pulau Bali.
Gunung Batu Karu tepatnya berada di kabupaten Tabanan.
gunung ini mempunyai ketinggian 2200 m diatas permukaan laut.
Untuk mencapai puncak gunung kita bisa melewati jalur barat.
Yaitu melalui Desa Pujungan,Tabanan.
Didalam perjalan kita akan disuguhkan panorama alam yang sangat luar biasa.
Hutan yang masih hijau,udara yang amat segar dan sejuk,
Sangat jauh dari polusi dan bisingnya kota.
Waktu yang diperlukan untuk menempuh puncak gunung
kurang lebih 4-5 jam.
Suasana di puncak gunung lumayan dingin apalagi pada malam hari akan terasa
lebih dingin.Tapi semua itu akan terbayar dengan panorama alam yang sangat
indah dan luar biasa.
Tapi jika berada di atas gunung kita sangat tidak dibolehkan untuk berkata
yang tidak baik,apalagi bertingkah liar.Karena dipuncak gunung Batu Karu
terdapat tempat suci yang sangat keramat.Pura Luhur Puncak Kedaton.
Bagi umat hindu di pura tersebut sangat baik untuk sembahyang dan juga
untuk bermeditasi.

Sujudkan Diri


Menghadapi hidup ini...
melalui hari demi hari,
menjalani waktu demi waktu,
Siang dan malam selalu berlalu,
mengiringi tawa dan pilu...

Didalam cerita hidup saat ini...
Mana kawan mana lawan,
Semuanya dalam kepura-puraan,
Didepan kita tersenyum,
Dibelakang kita menikam,
Tanpa pernah sadar,
Kita selalu menipu diri...



Entah sadar atau tanpa sadar...
manusia berpesta dan foya-foya..
Ditengah lembaran dosa,
Lupa akan kuasa Yang Maha Esa,

Mungkin saat ini...
Matahari masi mau menyinari,
Bintang-bintang masi menghiasi rembulan,
jauh dilangit sana,
Kita hanya bisa menunggu,
Sampai saatnya nanti,
Alam akan bosan,
menyaksikan manusia bermandikan dosa,

Sadarlah...
Hingga tiba saatnya nanti,
semuanya akan kembali pada alam...
semuanya akan kembali pada Tuhan...
Sujudkan diri,
semasih ada matahari,

Ciri-Ciri Jagat

Ciri-ciri jagat menurut Catur Yuga
( Koleksi Puri Ibah Campuahan Ubud.Gianyar.Bali)

Catur Yuga Adalah Empat Jaman yang ada di Dunia.
1.Kretha Yuga Lamanya 4.444.400 Tahun
2.Traitha Yuga Lamanya 3.333.300 Tahun
3.Dwapara Yuga Lamanya 2.222.200 Tahun
4.Kali Yuga Lamanya 1.111.100 Tahun

Ciri-Ciri jaman Kretha Yuga.
*Keadaan aman,sejahtera,sedikit perubahan
*Jaman damai temtram tidak ada yang sakit
*Tidak ada bayi yang meninggal
*Dumia tidak mengenal perbedaan,seperti suka duka,sakit,lapar
*Umur manusia sampai 100.000 tahun

Ciri-ciri jaman traitha Yuga
*Mendung tebal,hulan lebat
*Manusia selalu bersenang-senang,tidak mengenal umur tua
*Umur manusia sampai 500 tahun

Ciri-ciri jaman Dwapara Yuga
*Umur manusia sampai 200 tahun
*manusia pintar-pintar,pintar berperang,tahu tentang ciri-ciri,tidak mengejar hawa nafsu
*Sayang dengan orang yang lagi sengsara
*Kasian kepada orang yang tahu balas budi
*Tahu mana yang salah dan benar
*Tidak berani melanggar peraturan/undang-undang
*Pelaksanaan tanpa mengenal pamrih
*Melaksanakan aturan-aturan negara
*Tidak berani melanggar ajaran agama
*Setia kepada perkataan,Tahu mana yang baik dan benar
*Dunia aman dan sentosa

Ciri-ciri jaman Kali Yuga
*Umur manusia 100 tahun
*Suka hura-hura,ribut-ribut
*Manusia lupa pada kluarga,suami/istri,lupa denga leluhur.
*Suka berkelahi dengan sesama
*Yang benar disalahkan,yang salah menjadi benar
*Manusia sulit mencari tujuan hidup yang utama
*Pelaksanaan manusia plin-plan,bingung
*Sifat manusia sombong,angkuh,iri hati,serakah
*Berbicara keras
*Manusia cepat tua.

Alam akan mengembalikan semuanya keasal.Dan akan menciptakan dunia baru.

Klik to Info :